Download RAB dan analisa Beton K-100 hingga K-350, Tulangan besi, Bekisting, Beserta Harga Dasar

June 22, 2021
Yuwono Wikan Driyogo
ANALISA HARGA SATUAN
Analisa harga satuan pekerjaan adalah suatu cara perhitungan harga satuan pekerjaan konstruksi yang dijabarkan dalam perkalian kebutuhan bahan bangunan, upah kerja, dan peralatan dengan harga bahan bangunan, standart pengupahan pekerja dan harga sewa / beli peralatan untuk menyelesaikan per satuan pekerjaan konstruksi.
Contoh analisa

Analisa harga satuan pekerjaan ini dipengaruhi oleh angka koefisien yang menunjukkan nilai satuan bahan/material, nilai satuan alat, dan nilai satuan upah tenaga kerja ataupun satuan pekerjaan yang dapat digunakan sebagai acuan/panduan untuk merencanakan atau mengendalikan biaya suatu pekerjaan.
Untuk harga bahan material didapat dipasaran, yang kemudiandikumpulkan didalam suatu daftar yang dinamakan harga satuan bahan/material, sedangkan upah tenaga kerja didapatkan di lokasi setempat yang kemudian dikumpulkan dan didata dalam suatu daftar yang dinamakan daftar harga satuan upah tenaga kerja.
Harga satuan yang didalam perhitungannya haruslah disesuaikan dengan kondisi lapangan, kondisi alat/efisiensi, metode pelaksanaan dan jarak angkut.
Skema harga satuan pekerjaan, yang dipengaruhi oleh faktor bahan/material, upah tenaga kerja dan peralatan dapat dirangkum sebagai berikut
Dalam skema diatas dijelaskan bahwa untuk mendapatkan harga satuan pekerjaan maka harga satuan bahan, harga satuan tenaga, dan harga satuan alat harus diketahui terlebih dahulu yang kemudian dikalikan dengan koefisien yang telah ditentukan sehingga akan didapatkan perumusan sebagai berikut :
Upah        : harga satuan upah x koefisien (analisa upah)
Bahan      : harga satuan bahan x koefisien (analisa bahan)
Alat         : harga satuan alat x koefisien (analisa alat)
Maka didapat :
HARGA SATUAN PEKERJAAN = UPAH + BAHAN + PERALATAN
CONTOH ANALISA HARGA BETON BERTULANG
Dalam pekerjaan Kontruksi akan sering kita temukan pekerjaan Beton Bertulang dengan berbagai bentuk pekerjaan seperti kolom, balok, lantai kerja, pondasi dan lain lain. Disini kita perlu membuat analisa berdasar harga upah, alat dan material. Sengaja dipisah antara beton, pembesian, dan bekisting karena dalam satu kubik beton bisa berbeda hitungan pembesian dan bekistingnya.
Berikut akan di jelaskan mengenai Analisa Harga Satuan Pembesian Beton Bertulang berbentuk file excel yang sudah terintegrasi antar sheet yang asalnya bersumber dari SNI namun dengan menggunakan komposisi berbeda disesuaikan dengan kebutuhan sehingga mungkin sedikit berbeda dengan versi SNI.
Contoh rincian pehitungan Biaya Harga Satuan Bahan dan Biaya Upah adalah harga asumsi dimana besarnya bisa berbeda tergantung dari tempat lokasi pekerjaan, pengalaman dan keterampilan tukang, dan masih banyak faktor yang lain yang mempengaruhi. Analisa ini mengasumsikan keuntungan 10 % dari pekerjaan. Harga dasar bisa berubah ubah berdasarkan lokasi dan waktu.
Untuk Lihat lihat dulu, silahkan download FIle PDF. Download Free / Gratis Klik Disini
Untuk FIle Excel dan bisa di edit silahkan Download Free / Gratis Klik Disini

3 comments on “Download RAB dan analisa Beton K-100 hingga K-350, Tulangan besi, Bekisting, Beserta Harga Dasar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Driyogo.com
Designed & Optimized by AriefSEO 2022
Kontak WA