Membuat Kontur Dengan Autocad LD Part III

March 15, 2017
Yuwono Wikan Driyogo
Tahap cara meng_input data in shaa Allah sudah memahami. Tahapan selanjutnya inti dari semua tahapan, cara agar bisa mengaplikasikan point yang sudah ter input dalam Auto cad LD 2009 sebagaimana di bagian Membuat Kontur Dengan Autocad LD Part II menjadi Kontur-kontur.

Siapkan Laptopmu

III. TAHAP KE TIGA : MEMBUAT KONTUR

1. Sebelum kontur dibuat, kita rapikan ukuran, warna, bentuk point point yang ter input sesuai selera. Blok semua point, klik kanan pilih “display Properties”

2.  Ubah menurut selera, lalu pilih OK ^_^
3.  Setelah kita merasa points rapi, lebih jelas, tidak terlalu besar atau terlalu kecil, baru kita munculkan kontur dengan pilihan “terrain” dilanjut “terrain model explore”
4. Muncul tampilan “terrain model explore” 
  Klik kanan “terrain” pilih pilihan “create new surface”
5.  Ganti nama “surface” dengan pekerjaan yang berhubungan agar mudah di ingat. 
6.  Buka TIN Data pada sub terrain dengan klik kanan point files, lalu pilih “Add Point from AutoCAD Objects” dan lanjut pilihan “points” 
7.  Akan muncul tampilan layar  utama. Saat muncul pilihan pada layar, pilih “entity” atau ketik huruf “E” lalu tekan enter. Blok semua point lalu tekan enter sekali lagi.
8.  Maka akan muncul tampilan seperti di bawah, yang berarti semua point sudah ter input pada sub menu terrain. Klik kanan surface yang sudah diganti dengan cilacap, lalu pilih “build” untuk memproses point agar dapat di jadikan kontur.
9. Klik Ok ^_^ , Dan tunggu proses “build” hingga selesai. 
10.  Muncul tampilan terrain model explorer lagi, namun kali ini menginformasikan jumlah point, koordinat, minimum dan maksismum elevasi, dan estimasi. Cukup close (X) saja 
11.  Pada tahap ini Kontur sudah bisa di munculkan, pilih “terrain” sekali lagi, klik “create contours”. Muncul pilihan pengubah teks menjadi teks standart, lanjut saja. 


12. Muncul tampilan seperti di bawah. Tinggal atur-atur saja sesuai keinginan. Tampilan di bawah ini menginformasikan elevasi antara -4.550 hingga 3.760 dengan patokan elevasi air pada kondisi LWS.
13.  Tentukan mana yang kontur mayor dan mana yang kontur minor untuk membuat kontur sekat pada setiap kedalaman. Tentukan juga text style, manage, style, dan label position sesuai keinginan.

    ↓
    ↓
 ↓
14.  Model kontur yang di buat spline curve atau di buat no smoothing
No Smoothing

Spline Curve
15. Bedakan pewarnaan antara kontur mayor dan kontur minor untuk mempercantik tampilan. 
Add caption
Pada tahap selanjutnya kita bersama-sama akan belajar melabeli kontur agar mudah dalam pembacaan dan penginformasian.
- - - - -
Kami menerima Jasa pengukuran Bathimetri ( Kedalaman Laut ) dan Topografi.
Data yang di dapat berupa kontur.
Pada bathimetri untuk Pekerjaan Pengerukan mulai dari ukur, pembuatan kontur, hingga pembuatan rencana volume kerukan. Selain itu juga menyewakan alat GPS map sounder 585 S (harga bersahabat)
Jika tertarik bisa menghubungi email driyogosains@gmail.com  atau hub.081225303501 (WA) mohon SMS dulu
Bisa juga kenalan melalui akun FB => klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Driyogo.com
Designed & Optimized by AriefSEO 2022
Kontak WA