Menghitung Data Riil Kedalaman Perairan dari Data GPS Map sounder 585 S

April 9, 2020
Yuwono Wikan Driyogo
Hai ketemu lagi,..

Pada kesempatan kali ini kita bahas cara pengolahan data kedalaman laut melalui proses bathimetri dengan alat map sounder 585 S hingga mendapatkan data rill (data kedalaman sebenarnya) hingga siap untuk untuk di olah di beberapa software, kalau saya seringnya di autocad untuk di jadikan kontur.

Sebelumnya kita sudah mendownload data melalui GPS (Baca : Mapsource_Download data GPS Dan Merapikan ) Nah setelah di download dan di jadikan format excel sebenarnya data belum bisa di olah lho. Di dalam data banyak sekali parameter yang di ambil yang tentu tidak kita butuhkan seperti salinitas, suhu, kecepatan kapal dan sejenisnya.

Btw..sebenarnya apa sih yang mau di bahas ha.a.
Kita sebenarnya mau membahas di bawah ini. Data mentah  menjadi Data siap

Baca juga : Mapsource_Merencanakan Track Pada GPS

Oke langsung saja :
1. Sebagaimana penjelasan sebelumnya, data yang kita pindah dari format notepad ke format excel masih mentah. Dari data yang masih mentah, kita tandai dahulu parameter parameter apa yang di butuhkan. Yang kita butuhkan adalah
  • “Altitude” atau kalau bahasa ku adalah titik koorcinat X, Y
  • Lalu yang kita butuhkan lagi adalah “time”. Time terbagi menjadi 2 data, yaitu penanggalan (hari, bulan, tahun) dan data jam,menit, detik saat pengukuran
  • “Dept” : Dept adalah kedalaman dari tranduscer ke sedimen dasar

Cara Menggunakan GPS Map Sounder 585 S

    2. Nah untuk mempermudah, kita buat sheet baru untuk memindahkan data data apa saja yang di butuhkan, biar tidak ruwet karena data terlalu banyak

    3.  Mengapa kita pindahkan? Tidak kita delete saja. Saya selalu berpedoman “Mending punya tapi tidak di manfaatkan, daripada butuh tapi tidak punya” he.he. Bisa jadi suata saat data yang tidak kita butuhkan di tanyakan owner atau siapapun yang mungkin membutuhkan. Datanya seperti ini :
    (Keterangan X, Y, Z, Kalender, dan Hour hanya untuk mempermudah pembacaan saja. )

    4.  Nah setelah data utama kita dapat, kita masih membutuhkan parameter lain untuk mendapatkan data rill. Parameter itu adalah : Pasang surut dan jarak alat tenggelam. Artinya penting saat pengukuran bathimetri juga harus MENDAPATKAN DATA PASANG SURUT.

    5.  Data pasang surut ini adalah data langsung  yang di dapat saat pengukuran bathimetri. Data pasang surut ini bisa per 1 jam, bisa per setengah jam, bisa per lima belas menit. Semakin dekat jarak waktu pengukuran tentu semakin bagus

    Baca Juga : Membuat Cross Section Dan Keterangan Grid Part I

    6.  Lalu apa itu data “jarak alat tenggelam” ? data ini adalah kedalaman tranduscer tenggelam. Hal ini karena sat pengukuran kondisi tranduscer tenggelam dan kedalaman dari tranduscer sampai ke permukaan air adalah juga data yang penting. Di sini di tambahkan parameter penambah kedalaman. Gambarnya kurang lebih seperti di bawah ini.

    Baca Juga : Mapsource_Merencanakan Track Pada GPS

     7.  Tambahkan dua parameter dalam kolom excel, untuk data pasang surut sesuaikan saja dengan jam yang terinput pada data gps map sounder

     8.  Langkah terakhir adalah penghitungan. Rumus dari penghitungan adalah =

    • (Depth (Z) + Penambah Kedalaman – Pasang surut (T)) X -1
       
    • Fungsi dari -1 hanyalah untuk mengubah parameter Z dari positif ke negatif, hal ini karena nilai Z bukanlah di atas permukaan laut, melainkan di bawah permukaan laut. Selain itu pembacaan kontur yang aplikasikan ke autocad LD akan terbaca kedalaman bila angka dig anti dengan minus ( - )
      Perhatikan gambar di bawah

    9.  Untuk input ke autocad Lannd development atau program lain untuk membuat kontur seperti surfer data yang di butuhkan cukup angka urut, altitude atau koordinat dan Depth rill (kedalaman sesungguhnya)

    10.  Kita hidden kolom yang tidak di perlukan, jadilah data seperti ini.Beberapa program memerlukan inputan yang berbeda-beda, untuk kontur dengan surver cukup di copy kan, untuk autocad land dekstop biasanya di pindahka lagi ke notepad baru bisa di inputkan

    Nah, semoga membantu ya. Jangan lupa di share. klik "ikuti" untuk updater terbaru. Kalau di rasa ada kekurangan silahkan di komen, biar jadi masuka untuk saya.
    Baca juga : Membuat Kontur Dengan Autocad LD Part I
    - - - - - -

    Kami menerima Jasa pengukuran Bathimetri ( Kedalaman Laut ) dan Topografi.
    Data yang di dapat berupa kontur.
    Pada bathimetri untuk Pekerjaan Pengerukan mulai dari ukur, pembuatan kontur, hingga pembuatan rencana volume kerukan. Selain itu juga menyewakan alat GPS map sounder 585 S (harga bersahabat)
    Jika tertarik bisa menghubungi email driyogosains@gmail.com  atau hub.081225303501 (WA) mohon SMS dulu
    Bisa juga kenalan melalui akun FB => klik disini

    6 comments on “Menghitung Data Riil Kedalaman Perairan dari Data GPS Map sounder 585 S”

    1. Apakah data pasang surut yang di gunakan bisa menggunakan data peramalan? misal 2 minggu pengukuran kedalaman dan pasut menggunakan data peramalan?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Copyright © Driyogo.com
    Designed & Optimized by AriefSEO 2022
    Kontak WA