Metode Pengecatan Dan Rekomendasi Cat Dinding

April 18, 2020
Yuwono Wikan Driyogo
Mengingat keindahan dan kerapihan sebuah bangunan tergantung dari hasil akhir pekerjaan pengecatan atau pekerjaan finishing maka pekerjaan pengecatan dinding adalah salah satu pekerjaan  yang harus mendapat perhatian khusus.

Banyak hal yang menyebabkan kurang baiknya hasil pekerjaan pengecatan, oleh karena itu sebaiknya harus dilakukan pengawasan yang intensif agar kualitas/hasil pengecatan baik. Pada umumnya pelaksanaan pekerjaan pengecatan dilakukan kurang hati-hati, sehingga kualitas atau hasil pekerjaan pengecatan menjadi kurang baik.
Tentukan kebutuhan cat berdasar jenis cat yang akan di pilih sehingga selain memudahkan / mengefektifitaskan kerja pengecatan juga dapat di terima baik oleh owner.  
Pengecatan dinding
Berikut ini tips untuk pemilihan cat :
a. Bila menginginkan dinding tampak mengkilap maka pilihlah cat dengan type glossy. Selain mengkilap cat dengan type glossy juga mudah di bersihkan dari debu yang menempel  Biasanya cat type ini cocok untuk ruangan ountdor di karenakan semakin kena cahaya matahari maka akan semakin mengkilap
b. Cat doff atau matte adalah kebalikan dari cat type glossy. Cat type ini justru tidak memantulkan tapi terlihat kalem, lembut, sederhana, dan tampak menyatu. Cat dengan type ini sebaiknya di aplikasikan di ruangan yang jarang ada aktivitas, karena meski secara keamanan bahan baku lebih aman dari model type cat glossy namun sulit di bersihkan saat ada noda menempel
c. Type cas satin. Cat dengan type ini adalah jenis cat yang di gunakan untuk cafe, restoran, ruang bos, atau pameran galeri. Cat type ini akan memperlihatkan kesan mewah yang mana tidak terlalu mengkilap seperti jenis glossy dan tidak terlalu menempel dan kalem seperti cat type doff.. Selain itu type cat satin mudah di bersihkan dan lembut.
d. Jenis cat eggshell. Jenis cat ini paling unik daripada sebelumnya. Jenis cat ini akan menimbulkan tekstur seperti kulit telur namun halus dan mudah di bersihkan. Cat ini bisa di aplikasikan di ruang makan atau ruang tidur.

Dalam pekerjaan kontruksi biasanya ada spesifikasi khusus dalam pemilihan cat untuk pekerjaan cat dinding baik interior maupun eksterior. Pilihan biasanya dengan merk yang sudah di kenal luas dan secara mutu bagus. 

Pengecatan Interior
Hal ini sebenarnya menguntungkan pihak kontraktor, karena bila memilih cat dengan kualitas jelek realisasi di lapangan akan lebih mahal, karena meski harga murah namun konsumsi cat bisa lebih banyak dan hasil kurang memuaskan. Berikut ini adalah 10 rekomendasi cat dinding atau tembok yang sering di gunakan dengan hasil memuaskan
Rekomendasi Pemilihan Cat

Baca Juga Metode Pekerjaan Timbunan

Setelah jenis bahan cat di pilih, maka metode kerjanya sebagai berikut
1. Siapkan Peralatan dan Bahan
 Alat:
- Kuas 
Siapkan Cat
Peralatan

- Sikat
- Rol cat dan penutup rol ukuran 3/8
- Ember
- Sarung tangan
- Pisau lebar atau 5-in-1
- Amplas
- Kertas Koran
- Scafolding / Tangga kaki

Bahan:
- Cat lateks, linen putih
- Air Bersih

Pengecatan dasar
2. Laksanakan tahapan-tahapan
  • Sebelum pekerjaan di mulai pelaksana mengirim program kerja (workplan) termasuk metoda kerja, schedule, perlatan, personil kerja dan gambar kerja yang akan digunakan, untuk memperoleh persetujuan dari Konsultan sebelum pekerjaan.
  • Selain itu juga memberitahu Konsultan secara tertulis paling sedikit 24 jam sebelum tanggal dilakukannya pelaksanaan pekerjaan.
  • Bersihkan ruangan yang akan di cat baik indor maupun outdor dari debu sisa pekerjaan lain
  • Tutup juga stop kontak dengan isolatip atau lakban dan lampu dengan kertas koran hal ini dimaksudkan agar tidak terkena lelehan cat pada kedua benda tersebut
  • Pada dinding lama untuk pekerjaan rehab jika dinding berminyak besihkan dengan campuran detergen dan air terlebih dahulu atau bisa juga menggunakan cairan TSP kemudian bilas dengan air. 
  • Tetapi jika dinding telah mengalami pengapuran, perlu melakukan pengerokan dengan amplas dan membersihkannya dengan air. Sebaiknya tunggu tembok kering terlebih dahulu selama semalaman.
  • Jika didapati lubang pada tembok, bisa menggunakan dempul tembok yang banyak dijual di toko bangunan. Pertama Anda bersihkan terlebih dahulu lubang dari kotoran/pasir kemudian masukkan dempul ke lubang paku tersebut hingga tertutup rapi. Setelah kering amplaslah, kemudian cat dengan warna yang senada dengan area sekitarnya.
  • Jika lubang bekas paku pada dinding berukuran besar, Anda perlu menyiapkan adukan kombinasi antara semen dan pasir. Setelah lubang dibersihkan, basahi lubang tersebut, kemudian adukan pasir dan semen yang telah diberi air dimasukkan ke rongga lubang. Setelah kering, lubang yang telah tertutup tadi diberi polesan semen. Semen yang telah diberi air secukupnya dioleskan secara tipis dan merata. gunakan alat 5-in-1 atau pisau lebar sebagai alat penghalus permukaan tembok. Setelah kering lakukan pengecatan.
  • Lindungi sisi-sisi dinding dengan cara ditutup dengan menggunakan plester atau kertas agar menghindari rembasan cat ke sisi-sisi tembok ruangan.
  • Gunakan warna sebagai cat dasar. Setelah mengering gunakan cat tembok sesuai warna utama
Pengecatan Exsterior

********************************************************************************
Menyediakan material konstruksi untuk lokasi DKI Jakarta dengan spesifikasi
1. Timbunan puing per m3 harga : Rp 175.000
2. Timbunan campuran makadam dan  tanah per m3 harga : Rp 200.000
3. Timbunan campuran krikil dan pasir Per m3 harga Rp 290.000
4. Batu pecah pasang per m3 harga : Rp 350.000
4. Batu pecah pasang per m3 harga : Rp 350.000
5. Pasir pasang dan pasir + abu per m3 harga : Rp 350.000
6. Paving cacing dan paving jenis bata K 350 per m2 : Rp 150.000
7. Paving cacing dan paving jenis bata K 400 per m2 : Rp 175.000
8. Paving hexagon K 250 : 135.000

Hub. 081225303501

7 comments on “Metode Pengecatan Dan Rekomendasi Cat Dinding”

  1. Tulisan yg ok nih cuy. Request dong, ulas lengkap kontruksi rumah tinggal 2 lantai beserta model-modelnya. Kebetulan aku juga lagi belajar modelling. Lagi butuh banyak reverensi. Btw, temanya mungkin lebih baik pakai yg responsive. Soalnya kebanyakan pembaca pakai perangkat mobile. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Driyogo.com
Designed & Optimized by AriefSEO 2022
Kontak WA