Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pekerjaan Jalan Beton

August 8, 2021
Yuwono Wikan Driyogo

RAB (Rencana Anggaran Biaya) Proyek

Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah Perhitungan banyaknya biaya yang di perlukan untuk bahan, alat dan upah, serta biaya-biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan atau Proyek tersebut.

Contoh RAB

Penyusunan RAB sangat penting dan dyang di laksanakan sebelum pelaksanaan proyek. RAB memiliki fungsi sebagai acuan dasar perencanaan pelaksanaan proyek. Dengan adanya RAB kita dapat mengontrol pengeluaran-pengeluaran proyek mulai dari pengadaan material, penggunaan alat dan pengupahan sehingga tidak terjadi pembengkakan dan memperoleh keuntungan.

Baca Juga : Metode Pengecatan Dan Rekomendasi Cat Dinding

Baca Juga : Contoh analisa Beton Bertulang Beserta Harga Dasar

Pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Proyek gampang - gampang susah. Dikatakan gampang karena sebenarnya pembuatan RAB hanyalah rumus rumus matematika biasa seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan. Dikatakan susah karena banyak parameter dan urutan yang harus di pertimbangkan dalam pembuatan. Berikut adalah langkahnya :

Langkah - langkah pembuatan RAB

Analisa Harga Satuan Pekerjaan (ASHP)

Analisa harga satuan pekerjaan ini dipengaruhi oleh angka koefisien yang menunjukkan nilai satuan bahan/material, nilai satuan alat, dan nilai satuan upah tenaga kerja ataupun satuan pekerjaan yang dapat digunakan sebagai acuan/panduan untuk merencanakan atau mengendalikan biaya suatu pekerjaan.

Untuk harga bahan material didapat dipasaran, yang kemudiandikumpulkan didalam suatu daftar yang dinamakan harga satuan bahan/material, sedangkan upah tenaga kerja didapatkan di lokasi setempat yang kemudian dikumpulkan dan didata dalam suatu daftar yang dinamakan daftar harga satuan upah tenaga kerja.
Harga satuan yang didalam perhitungannya haruslah disesuaikan dengan kondisi lapangan, kondisi alat/efisiensi, metode pelaksanaan dan jarak angkut.
Skema harga satuan pekerjaan, yang dipengaruhi oleh faktor bahan/material, upah tenaga kerja dan peralatan dapat dirangkum sebagai berikut

Diagram Analisa

Dalam skema diatas dijelaskan bahwa untuk mendapatkan harga satuan pekerjaan maka harga satuan bahan, harga satuan tenaga, dan harga satuan alat harus diketahui terlebih dahulu yang kemudian dikalikan dengan koefisien yang telah ditentukan sehingga akan didapatkan perumusan sebagai berikut :
Upah : harga satuan upah x koefisien (analisa upah)
Bahan : harga satuan bahan x koefisien (analisa bahan)
Alat : harga satuan alat x koefisien (analisa alat)
Maka didapat :

= HARGA SATUAN PEKERJAAN = UPAH + BAHAN + PERALATAN

Baca Juga : Upah Minimun Sektoral DKI Jakarta 2020

Baca Juga : Contoh Laporan Harian Proyek Format XLS (Excel)

RAB dan Analisa Pekerjaan Jalan Beton

Salah satu pekerjaan dalam proyek adalah pembuatan Jalan akses. Jalan akses bisa dari beton, perkerasan sub base, atau jalan Aspal. Disini kita perlu membuat analisa berdasar harga upah, alat dan material

Berikut adalah contoh sederhana RAB jalan beton dan Analisa Harga Satuan berbentuk file excel yang sudah terintegrasi antar sheet. Dalam RAB ini terdapat contoh analisa yang saling terintegrasi mulai dari upah, harga alat, hingga harga material sebagai pembentuk RAB. Pehitungan Biaya Harga Satuan Bahan dan Biaya Upah adalah harga asumsi dimana besarnya bisa berbeda tergantung dari tempat lokasi pekerjaan, pengalaman dan keterampilan tukang, dan masih banyak faktor yang lain yang mempengaruhi. Analisa ini mengasumsikan keuntungan 5 % dari pekerjaan. Harga dasar bisa berubah ubah berdasarkan lokasi dan waktu.

Baca Juga : Membuat Cross Section Dan Keterangan Grid Part I

Baca Juga : Membuat Kontur Dengan Autocad LD Part I

Baca Juga : Mapsource_Membuat Perencanakan Track Pada GPS

Terkait penghitungan volume dan gambar kerja kita bahas di blog selanjutnya. Jadi abaikan dulu volumenya. Semoga Berguna ya...

Silahkan Di download : Disini

*Bagi yang membutuhkan tenaga lelang lepas mulai dari pembuatan Analisa, RAB, Metode, Spesifikasi Teknis, Dokumen K3, bisa menghubungi 081225303501 atau FB kami

7 comments on “Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pekerjaan Jalan Beton”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © Driyogo.com
Designed & Optimized by AriefSEO 2022
Kontak WA